Jumat, 15 Desember 2017

A. CARA TUMBUHAN HIJAU MEMBUAT MAKANAN
   Daun pada tumbuhan memiliki warna hijau sebab mengandung klorofil atau zat hijau daun. Klorofil terletak pada bagian daun yang disebut kloroplas. Di dalam kloroplas inilah tumbuhan membuat makanannya sendiri yang dibantu oleh cahaya matahari.
Ayo Menonton!!

1. Fotosintesis.
   Pada siang hari, tumbuhan melakukan fotosintesis. Fotosintesis tersebut menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Oksigen dikeluarkan oleh tumbuhan hijau melalui pori-porinya, yaitu mulut daun dan lentisel. Mulut daun atau stomata merupakan lubang-lubang kecil yang terdapat pada permukaan daun bagian bawah. Sedangkan lentisel adalah lubang-lubang kecil yang terdapat pada batang.
a. Bahan-Bahan Fotosintesis.
   Pada saat melakukan proses fotosintesis, tumbuhan membutuhkan air dan juga karbon dioksida. Air tersebut diangkut oleh pembuluh kayu atau xilem hingga ke ranting dan daun-daun. Sedangkan gas karbon dioksida diambil dari udara melalui mulut daun atau stomata dan pori-pori batang atau lentisel.
   Air dan garam serta gas karbon dioksida dapat diolah menjadi makanan atau karbohidrat melalui proses fotosintesis. Proses fotosintesis terjadi pada daun yang mengandung banyak klorofil atau zat hijau daun. Klorofil terletak pada bagian daun yang disebut kloroplas. Cahaya matahari yang mengenai daun diserap oleh klorofil untuk mengubah air dan garam mineral serta gas karbon dioksida menjadi karbohidrat dan oksigen.

b. Hasil Fotosintesis
   Hasil fotosintesis berupa karbohidrat (zat tepung) dan oksigen. Karbohidrat hasil fotosintesis digunakan untuk :
  • Pertumbuhan
  • Perkembangbiakan
  • Pernapasan sel
  • Gerak tumbuhan
  • sisanya disimpan sebagai cadangan makanan menjadi zat gula
   Sedangkan oksigen hasil fotosintesis dikeluarkan ke udara bebas. Dengan demikian, kandungan oksigen yang ada di udara menjadi lebih banyak sehingga udara terasa lebih segar. 

c. Cara Tumbuhan Menyimpan cadangan Makanan
   Hasil fotosintesis adalah karbohidrat dan oksigen. Oksigen langsung dilepas ke udara bebas. sedangkan karbohidrat digunakan untuk tumbuh dan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan, diantaranya pada :
1) Umbi
   Umbi adalah bagian tanaman yang mengembung dan berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. umbi ada beberapa macam. diantaranya :
  • Umbi batang, contohnya : kentang, kimpul, talas, dan ubi jalar.
  • Umbi lapis, contohnya : bawaan merah, bawang putih, bawang bombai, dan bunga bakung.
  • Umbi akar, contohnya : ketela pohon, wortel, dan lobak.

2) Batang
   Sebagian tumbuhan ada yang mengandung cadangan makanannya pada batang. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada batang, diantaranya sagu dan tebu.

3). Daun.
   Daun biasanya digunakan manusia untuk sayuran. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya pada daun, diantaranya sebagai berikut : bayam, kangkung, kol, sawi, daun seledri, salada, dan kucai.

4). Biji
   Biji merupakan tempat penyimpanan cadangan makanan. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada biji, diantaranya padi, kacang, hijau, kacang tanah, kedelai, jagung, jambu mete, dan kacang merah.

5). Buah
   Buah merupakan bagian tumbuhan yang enak dimakan. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada buah, diantaranya mangga, apel, belimbing, melon, durian, jambu, anggur, semangka, duku, avokad, dan rambutan.
B. TUMBUHAN HIJAU SEBAGAI SUMBER MAKANAN BAGI MANUSIA DAN HEWAN
   Pada Setiap hari, manusia dan juga hewan yang ada di seluruh dunia memakan jenis makanan yang berbeda-beda yang berasal dari tumbuhan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tumbuhan juga merupakan sumber bahan makanan bagi makhluk hidup di bumi. 
   Jika saja di muka bumi ini tidak ada tumbuhan yang tumbuh lagi, maka akan menyebabkan produksi makanan akan terhenti. Manusia akan kehilangan makanan dan timbul kelaparan dimana-mana. Hewan herbivora tidak dapat makan tumbuhan dan akhirnya punah. Keadaan ini juga akan berpengaruh pada hewan pemakan daging atau karnivora. Begitu pula hewan omnivora atau pemakan segala akan kehilangan sumber makanannya. Akibat dari semua ini tentu akan menyebabkan kepunahan terhadap manusia dan juga hewan. jadi cadangan makanan pada tumbuhan hijau digunakan oleh manusia dan hewan untuk mempertahankan hidup.
Selain sebagai sumber energi dan juga makanan, tumbuhan juga memiliki manfaat lain bagi kehidupan, diantaranya sebagai berikut :
  • Memperindah lingkungan.
  • Menghindari erosi, tanah longsor, dan banjir.
  • Menjadi tempat hidup bagi makhluk hidup lain di bumi.
  • Sebagai sumber energi yang dibutuhkan untuk pernapasan makhluk hidup.
  • Sebagai bahan baku industri, diantaranya kertas, kosmetik, obat-obatan, peralatan rumah tangga, dan tekstil.
  • Menghasilkan kayu yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan manusia.
  • Sebagai paru-paru dunia.
  • Sebagai bahan penyedap rasa pada masakan.
  • Sebagai bahan makanan dan minuman.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Video Pebelajaran PPKN

VIDEO PEMBELAJARAN PPKN KELAS 5 & 6: VIDEO I VIDEO II VIDEO III VIDEO IV

- Copyright © Karya Anis'a Novita - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -